Massa Menolak Pemilu Curang, Bakar Ban di Depan Kantor KPU dalam Aksi Demo

by -78 Views

Sebuah massa aksi menolak pemilu curang melakukan demonstrasi di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, pada Jumat (15/3/2024). Massa aksi mulai membakar ban bekas.

Mengutip MNC Portal Indonesia, para demonstran mulai memadati lokasi aksi sekitar pukul 13.06 WIB. Pembakaran ban oleh massa dilakukan sekitar pukul 17.00 WIB.

Asap hitam pekat terlihat membubung tinggi akibat pembakaran ban bekas tersebut. Lokasi aksi yang berdekatan dengan jalan utama membuat para pengendara saling membunyikan klakson.

Para peserta aksi melakukan demonstrasi karena kecewa dengan pelaksanaan Pemilu 2024 yang dianggap penuh dengan kecurangan. Oleh karena itu, mereka menuntut agar seluruh jajaran KPU, mulai dari ketua hingga komisioner, dipecat dari jabatannya.

Spanduk yang dibawa oleh massa menuliskan, “Hentikan pemilu curang, pecat semua komisioner KPU”.

Massa aksi juga membawa atribut bendera merah putih dan kentongan. Meski orator sedang menyampaikan aspirasi dari atas mobil komando, kentongan terus dibunyikan oleh peserta aksi.

Kentongan diibaratkan sebagai peringatan kepada KPU yang dianggap merampas keadilan rakyat Indonesia. KPU dianggap telah menyelenggarakan pemilu secara tidak jujur dan adil.

Spanduk lain yang dibawa oleh massa mengungkapkan rasa kecewa terhadap Presiden Joko Widodo atas sikap “cawe-cawe” dalam Pemilu 2024. Para peserta aksi meminta agar KPU atau Bawaslu bisa mendiskualifikasi pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran.