Spanduk Anies-Sohibul Iman Hiasi Jakarta, Wacana Duet Kaesang-Jusuf Hamka Mengemuka

by -48 Views

Pilhada Jakarta 2024 semakin dekat dan situasi politik semakin memanas dengan munculnya isu kemungkinan duet Kaesang Pangarep-Jusuf Hamka. Sementara itu, spanduk yang menampilkan Anies Baswedan-Sohibul Iman mulai terpasang di berbagai wilayah Jakarta. Bisakah kedua pasangan ini memperoleh tiket untuk bersaing dalam Pilkada Jakarta 2024?

Kabar mengenai kemungkinan duet Kaesang-Jusuf Hamka diutarakan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, saat menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep pada Kamis (11/7/2024). Airlangga menyatakan bahwa Partai Golkar akan mendukung Kaesang jika memutuskan untuk maju, dan akan menyiapkan Jusuf Hamka sebagai pendampingnya.

Meskipun wacana duet Kaesang-Jusuf Hamka belum final, Wakil Ketua Umum DPP PSI Andy Budiman menegaskan bahwa belum ada kesepakatan resmi antara kedua partai mengenai hal tersebut. Di sisi lain, Jusuf Hamka menyatakan kesiapannya untuk menjadi calon wakil gubernur Jakarta jika diminta oleh Airlangga.

Pemerhati masalah Jakarta, Sugiyanto Emik, mengungkapkan bahwa kemunculan Jusuf Hamka sebagai calon wakil gubernur mendampingi Kaesang cukup mengejutkan, mengingat sebelumnya Partai Golkar telah mempertimbangkan kandidat lain untuk Pilkada Jakarta 2024 seperti Ridwan Kamil, Erwin Aksa, dan Ahmed Zaki Iskandar.