Pengenalan Mobil Tangki BBM Lebih Mudah dengan QR Code dari Pertamina Patra Niaga Sulawesi

by -39 Views

Online24jam, Makassar, – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi telah meluncurkan QR Code untuk mobil tangki Agen BBM industri pada hari Kamis (22/8) di kantor Pertamina Integrated Terminal Donggala. Acara ini dihadiri oleh Region Manager Corporate Sales beserta tim dan Integrated Terminal Manager Donggala beserta tim dari Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi.

Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan pemangku kepentingan mengidentifikasi mobil tangki agen BBM industri resmi Pertamina dari mobil tangki pengangkut BBM yang tidak berafiliasi dengan Pertamina dengan cara mengidentifikasi data mobil tangki melalui kode unik (QR Code) yang tertera di badan mobil tangki. Dengan adanya inovasi ini, konsumen akan lebih mudah mengenali mobil tangki tersebut.

“Stakeholders kami sering kali bertanya apakah mobil tangki berwarna putih biru merupakan transportir resmi Pertamina. Dengan adanya QR Code ini, diharapkan dapat memudahkan pengenalan mobil tangki agen BBM industri yang mengangkut BBM industri Pertamina atau tidak,” ujar Region Manager Corporate Sales Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Ferry Pasalini.

Ferry menambahkan bahwa QR Code yang diletakkan di belakang badan mobil tangki dan pintu samping pengendara mobil tangki digunakan sebagai identitas atau jaminan mutu bahwa BBM yang diangkut merupakan BBM industri yang resmi dibeli dari depot Pertamina atau agen BBM industri yang terafiliasi dengan Pertamina.

Secara detail, Ferry menjelaskan penggunaan QR Code, “Cara mengecek mobil tangki sangat mudah dengan memindai QR Code-nya. Para pemangku kepentingan dapat mengunduh aplikasi pemindai QR di Playstore Android atau Appstore iOS, lalu melakukan pemindaian QR. Setelah itu, mereka perlu memasukkan nama dan nomor Whatsapp yang muncul setelah pemindaian untuk mendapatkan one time password (OTP) yang dikirim oleh sistem.”

Setelah melakukan pemindaian, informasi mengenai nama agen, status, penanggung jawab, alamat agen, masa berlaku pengangkutan BBM industri, nomor polisi, dan identitas kendaraan lainnya akan dikirimkan ke nomor Whatsapp tersebut.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menyatakan bahwa pemberian QR Code mobil tangki BBM industri ini di wilayah Sulawesi dilakukan secara bertahap. “Akan ditambah QR Code mobil tangki industri untuk wilayah Sulawesi lainnya. Saat ini, Integrated Terminal Donggala yang menjadi tulang punggung distribusi BBM di wilayah Sulawesi Tengah akan menerapkan penggunaan QR Code. Wilayah distribusinya mayoritas di seluruh Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Fahrougi menambahkan informasi mengenai produk BBM industri, “Agen penyalur BBM industri ini melayani pembelian BBM seperti Biosolar, Dexlite, dan Pertamina Dex untuk bahan bakar mesin diesel dengan harga non-subsidi.”

Terakhir, Fahrougi menekankan dukungan pembelian BBM industri, “Dengan membeli BBM industri secara resmi dari agen Pertamina, berarti berkontribusi pada pembangunan daerah karena BBM dari Pertamina termasuk dalam unsur perpajakan seperti PBBKB, PPh, dan PPN,” katanya.

Bagi masyarakat atau konsumen yang memerlukan informasi tambahan mengenai produk atau ingin menyampaikan keluhan, dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. (*)