Bank Indonesia (BI) KPW Sulsel Melakukan Sosialisasi Ekonomi Syariah, Bedah Buku, Diskusi Literasi, dan Lomba Menulis

by -90 Views

Bank Indonesia (BI) KPW Sulsel telah mengadakan Bedah Buku dan Sosialisasi Ekonomi Syariah Gebyar Literasi 2023 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, pada hari Rabu (22/11/2023).

Kegiatan ini dimulai dengan bedah buku “Mengalir ke Hilir 101 Air Terjun di Sulawesi Selatan” karya Makmur Jaya. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan para penggiat literasi lainnya seperti Ibe S. Palogai dengan buku “Cuaca Buruk Sebuah Buku Puisi”, Faizal Oddang dengan karyanya “Tiba Sebelum Berangkat”, serta sejumlah mahasiswa, jurnalis, dan Generasi Baru Indonesia (Genbi).

Selanjutnya, diselenggarakan sosialisasi yang memaparkan perkembangan ekonomi syariah di Sulawesi Selatan secara nasional yang dinilai mulai berkembang sedikit demi sedikit dari 2017 hingga 2022.

Deputi Direktur KPwBI Sulsel, Sakti Arif Wicaksono, menyatakan bahwa secara nasional, literasi syariah berada pada posisi 23, 30 persen sehingga perlu terus didorong agar literasi ekonomi syariah semakin berkembang. Potensi ekonomi syariah di Sulsel sangat besar, dan komitmen dari pemerintah daerah untuk mengembangkan hal tersebut juga besar, terbukti dengan adanya pengembangan beberapa zona.

Oleh karena itu, dilakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dan pesantren untuk mensosialisasikan ekonomi syari’ah yang kini mendapat perhatian khusus dari Bank Indonesia.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba menulis bagi media.