UMKM Binaan Peruri Sukses Menaklukkan Pasar Tiongkok

by -113 Views

Peruri mengirimkan UMKM binaannya untuk memamerkan karya terbaik mereka dalam pameran di China-Asean Expo (CAexpo) 2023 di Nanning – Guangxi, China pada 16-19 September 2023. Acara ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Perdagangan, yang dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Peruri mengirimkan UMKM Binaan dengan membawa produk-produk UMKM yang dikembangkan oleh Rumah BUMN Karawang. Tujuan dari partisipasi ini adalah untuk menawarkan kerja sama kepada konsumen di China. Produk yang ditawarkan mencakup kategori aksesoris, kerajinan bambu, dan fashion.

Rumah BUMN Karawang merupakan tempat kolaborasi bagi BUMN dalam berbagai kegiatan, seperti belajar dan membina para pelaku UMKM agar menjadi UMKM Indonesia yang berkualitas. Selain itu, Rumah BUMN Karawang juga berfungsi sebagai pusat informasi, edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

Selain itu, Peruri juga memiliki program khusus yang sejalan dengan pengembangan UMKM di Indonesia yaitu Peruri Digital Entrepreneur Academy. Program ini ditujukan bagi UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri, menyatakan bahwa Peruri akan terus meningkatkan partisipasi UMKM Binaan dalam pameran baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini bertujuan agar produk lokal dapat dikenal di pasar global dan memberikan multiplier effect terhadap perekonomian nasional. Kerja sama yang terjadi setelah pameran juga dianggap penting, termasuk kerja sama dalam menjadikan UMKM “Go Global”.

Pada saat peninjauan booth pameran, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin juga mengunjungi booth Peruri untuk melihat langsung produk unggulan UMKM yang mendapatkan respon positif dari masyarakat di China. Produk aksesoris, fashion, dan kerajinan bambu dari UMKM Peruri menjadi perhatian penting di sana dan laris manis. Hal ini membuktikan bahwa pasar di Tiongkok memiliki potensi yang sangat besar bagi produk UMKM Indonesia.

Salah satu pelaku usaha UMKM Binaan Peruri, Lusy, mengungkapkan kebahagiannya atas partisipasinya dalam pameran CAexpo 2023. Ia menganggap itu sebagai pengalaman berharga untuk mengetahui selera pasar di China dalam bidang fashion, kerajinan, dan aksesori. Menurutnya, setiap negara memiliki ciri khasnya sendiri.

Dalam kesempatan ini, Peruri juga mengajak UMKM untuk menjual produknya ke pemimpin dunia.