Raker 2024, Dekranasda Kota Tangsel Menyelaraskan Program Kerja

by -88 Views

Dekranasda Kota Tangsel mengadakan rapat kerja (raker) 2024 di Kantor Pemkot Tangsel, Rabu (6/3/2024). Foto/Dok. SINDOnews

TANGSEL – Dekranasda Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyelenggarakan rapat kerja (raker) 2024. Pada raker tahun ini, Dekranasda Kota Tangsel fokus membahas program kerja dan juga menyelaraskan kriya di wilayahnya, mulai dari tingkat kecamatan hingga kelurahan. Raker Dekranasda se-Kota Tangsel 2024 diadakan di Kantor Pemkot Tangsel pada Rabu (6/3/2024). Sebanyak 80 perwakilan Dekranasda dari tingkat kelurahan hingga kecamatan di Kota Tangsel turut serta dalam rapat kerja tersebut.

Dekranasda se-Kota Tangsel membahas program-program kerja untuk tahun ini. Salah satu programnya adalah kolaborasi dengan beberapa brand ternama untuk meningkatkan penjualan para crafter di Tangsel.

“Kita berkolaborasi dengan beberapa brand besar seperti Uniqlo, Ikea, dan juga beberapa resto terkemuka di Kota Tangerang Selatan. Rapat kerja Dekra Kota Tangerang Selatan 2024 ini menekankan kolaborasi,” kata Ketua Dekranasda Tangsel, Truetami Ajeng.

Pandangan UMKM untuk menjadi marketplace di masa mendatang dilihat oleh Truetami sebagai peluang, namun bukan untuk mengubah entitas UMKM menjadi marketplace. “Kawan Dekra sebenarnya tidak bisa menjadi marketplace. Mengapa? Karena marketplace kita bekerja sama lagi, seperti dengan ‘Toko Hijau’ atau ‘Toko Orange’. Itulah kelebihan dari mereka. Marketplace yang sudah besar kita manfaatkan peluangnya,” jelasnya.

Truetami berharap Dekranasda Tangsel dapat menjadi tempat yang berguna untuk penjualan para crafter dan juga menjadi fasilitator yang baik bagi UMKM, crafter, dan pengusaha kuliner. “Kita membuka peluang sebesar-besarnya untuk berkolaborasi dengan para crafter, perajin UMKM, kuliner, dan juga mitra atau kawan Dekra, Mall di Tanggerang Selatan, atau brand terkenal yang dapat meningkatkan penjualan bagi para crafter di Tangerang Selatan,” tambahnya.

Selain program kerja, raker juga membahas upaya untuk menyelaraskan dan menyelaraskan kegiatan kriya dari setiap Dekra di masing-masing wilayah pada tahun ini. Misalnya, menyesuaikan jadwal pelaksanaan kegiatan dan produk-produk yang akan dihasilkan.

Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Appgraid Purwanto, menyatakan bahwa penyelarasan kegiatan ini sangat penting. Hal ini dilakukan agar program yang dilaksanakan tidak tumpang tindih dan visi misi Dekranasda se-Kota Tangsel dapat tercapai dengan baik.

“Mereka mencocokkan minimal timeline, jadwal pelaksanaan pusat dengan kecamatan. Harus seragam, karena banyak pelatihan, pembinaan. Pertumpahan tidak baik. Oleh karena itu, harus seragam agar tujuan dapat tercapai. Yang terpenting adalah koordinasi, sinkronisasi, dan harmonisasi kegiatan. Agar kegiatan antara kota dan kecamatan tersebut selaras,” kata Purwanto.

Tujuan kedua adalah silaturahim sebelum bulan puasa. “Departemen kami menyediakan semua fasilitas, termasuk anggaran dan perencanaan. Pelaksanaannya oleh Dekra di masing-masing kota. Semua yang mereka lakukan tetap berkoordinasi dengan Dekra kami. Karena meskipun Dekra berarti kriya, kriya itu adalah industri kecil, dan itu masuk dalam binaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan,” tambahnya.