Profil Ipda Afan Harapansyah, Kapolsek Termuda di Indonesia yang Lahir di Bogor

by -95 Views

Kapolsek Baras Ipda Afan Harapansyah, merupakan kapolsek termuda di Indonesia yang lahir di Bogor pada tanggal 16 Juni 1999. Ia lulus dari Akpol tahun 2020 dan menjabat sebagai Kapolsek Baras, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat sejak tahun 2022. Saat dilantik pada tahun 2022, usia Afan baru 22 tahun. Selain menjadi kapolsek termuda, Afan juga mahir menggunakan bahasa isyarat.

Afan mengungkapkan bahwa dia sangat bersyukur disambut dengan baik di Polsek Baras serta masyarakat di Lariang Bulutabase, Sulawesi Barat. Selama bertugas, Afan mengaku sering dijodoh-jodohkan namun dia masih ingin fokus mengejar pendidikan dan kemajuan dalam kariernya.

Selain itu, Afan juga jago menggunakan bahasa isyarat dan bahasa Inggris. Dia aktif mengunggah video komunikasi menggunakan bahasa isyarat dengan teman-teman tuli di Desa Balanti, Sulawesi Barat melalui akun TikToknya @afanharapansyah. Selain itu, dia juga membuka kelas bahasa Inggris untuk siswa SD hingga SMA di Polsek Baras, dimana sekarang telah memiliki 48 anak didik.

Dengan segala prestasi dan dedikasinya, Afan Harapansyah menjadi sosok yang memberikan inspirasi dan panutan, terutama bagi generasi muda.