Ajak Pengunjung Car Free Day untuk Berpartisipasi dalam Zumba dan Sosialisasikan Penggunaan QRIS di Jakarta

by -116 Views

BI perwakilan Jakarta mengajak pengunjung CFD untuk menggunakan QRIS saat kegiatan senam Zumba di anjungan Thamrin, Mal Sarinah, Jakarta Pusat, pada hari Minggu (26/11/2023). Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari ribuan warga yang ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta, Arlyana Abubakar, mengatakan bahwa digitalisasi sistem pembayaran telah memberikan dampak signifikan dalam mendorong Jakarta menjadi Kota Global. Upaya ini didorong melalui inisiatif sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal untuk melakukan transaksi digital melalui QRIS.

Menurutnya, digitalisasi sistem pembayaran membantu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Rangkaian kegiatan QRIS Fun Zumba bertujuan untuk mengkampanyekan keunggulan, manfaat, dan urgensi penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran kekinian.

Perkembangan QRIS di DKI Jakarta tumbuh sangat signifikan dalam 3 tahun terakhir, dengan transaksi QRIS di Jakarta sepanjang tahun 2023 telah melampaui 4 kali jumlah transaksi pada tahun 2021. Jumlah pengguna QRIS di Jakarta mencapai 5,5 juta, dengan pertumbuhan 22,08 persen (ytd). Transaksi QRIS juga tersebar hampir inklusif di seluruh wilayah Jakarta.

Jakarta Selatan memiliki pangsa volume transaksi tertinggi sebesar 28,19 persen, disusul oleh Jakarta Barat dengan 27,23 persen. Penggunaan QRIS di Jakarta juga diperkuat dengan ketersediaan QRIS di merchant yang mencapai 5,09 juta atau tumbuh 18,16 persen (ytd).

Dalam jenis usahanya, QRIS utamanya terdapat pada jenis Usaha Mikro (37 persen), Usaha Kecil (32 persen), dan Usaha Menengah (20 persen).