Ngariung Bareng Warga Desa Sukamaju Cigudeg oleh Ravindra Airlangga

by -99 Views

Anggota DPR Ravindra Airlangga mengikuti dialog bertajuk “Ngariung Bersama Warga” di Desa Sukamaju, Cigudeg, Kabupaten Bogor, Rabu (20/12/2023). Di hadapan 150 warga Kabupaten Bogor, Ravindra membahas aspirasi yang muncul dari masyarakat.

Beberapa hal yang dibahas antara lain pelatihan untuk akses permodalan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta perlunya peningkatan kapasitas fasilitas kesehatan. Ravindra juga mengungkapkan cara untuk mitigasi kenaikan harga komoditas pertanian seperti cabai dengan memanfaatkan pekarangan untuk budi daya cabai.

Ravindra juga mengaku sangat konsen pada masalah kenaikan harga komoditas pertanian karena berhubungan langsung pada kebutuhan dasar masyarakat. Selain itu, dia juga mendorong pengembangan skema pembiayaan closed loop financing. Skema pembiayaan ini telah dilakukan Bank Jawa Barat (BJB) sejak 2021.

Selain itu, Ravindra juga menjawab pertanyaan warga tentang cara mengembangkan sektor pertanian dan peternakan, khususnya pada petani milenial atau anak muda. Dia menyarankan agar dilakukan pemetaan usaha yang paling potensial, seperti pemeliharaan kambing untuk kurban dan budi daya lele yang memiliki tingkat permintaan sangat tinggi.