Simaklah Tips Penggunaan Gadget dari Psikolog untuk Para Orang Tua

by -97 Views

Gadget dapat memberikan dampak baik bagi anak jika digunakan dengan batasan waktu yang jelas, dipantau dengan tepat, serta diperkaya dengan aplikasi, video, atau permainan edukatif yang sesuai dengan usia anak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar anak usia 1 tahun ke bawah tidak menggunakan gadget dan disarankan untuk bergerak aktif beberapa kali sehari dengan interaksi yang interaktif dan ruang gerak seluas mungkin. Untuk anak usia 2-4 tahun, mereka dapat menggunakan gadget dengan batasan waktu maksimal 1 jam per hari, disertai dengan aktivitas fisik minimal 2 jam per hari.

Putu Andani, M.Psi., Psikolog, mengatakan bahwa pengaturan penggunaan gadget perlu dilakukan secara konsisten agar anak memahami batasan-batasan screen time sehari-hari dan tumbuh dengan optimal. Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager di Samsung Electronics Indonesia, menyatakan bahwa dengan kemajuan gadget saat ini, orang tua memiliki kemudahan untuk mengendalikan penggunaan gadget anak dengan fitur-fitur seperti parental control dan edutainment dalam Samsung Kids.

Oleh karena itu, ada beberapa tips praktis dari psikolog Putu Andani untuk mengatur penggunaan gadget bagi anak. Pertama, ciptakan zona bebas gadget di rumah sebagai sosialisasi aturan yang jelas. Kedua, edukasikan pentingnya kegiatan fisik dan memberikan edukasi mengenai kegiatan yang dapat dilakukan. Ketiga, sediakan beragam pilihan aktivitas di rumah untuk mengurangi ketergantungan pada gadget. Keempat, `screen time` bisa digunakan sebagai reward yang dapat memotivasi anak. Kelima, saat gadget menjadi alternatif, perbanyak edutainment yang dapat mengasah kreativitas anak. Terakhir, kembangkan interaksi orang tua-anak, dengan mendampingi anak saat menggunakan gadget.

Dengan fitur-fitur unggulan yang dimiliki, Galaxy Tab A9+ Kids Edition dari Samsung layak menjadi tablet pertama bagi anak. Tablet ini telah dilengkapi dengan aksesoris penunjang dan fitur-fitur parental control yang dapat membantu mengatur penggunaan gadget anak. Dengan harga promosi yang menarik, Galaxy Tab A9+ Kids Edition dan Galaxy Tab A9 Kids Edition menjadi pilihan yang tepat untuk anak-anak. Tablet ini dapat dibeli melalui Samsung.com/id dan beberapa toko elektronik terkemuka di Indonesia.