Penyuluhan Gizi Seimbang Anak Diselenggarakan untuk Warga Jatinegara dalam Peringatan Hari Ibu

by -78 Views

Warga Kelurahan Jatinegara mendapat penyuluhan gizi seimbang dalam Program Gak Rugi yang diselenggarakan oleh PT JIEP dan Puskesmas Jatinegara pada Jumat (22/12/2023). FOTO/IST

JAKARTA – Para ibu di Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur menerima penyuluhan gizi seimbang untuk anak-anak pada Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember. Penyuluhan ini merupakan bagian dari Program Gak Rugi (Gerakan Ayo ke Rumah Gizi) untuk menangani stunting di DKI Jakarta.

Program Gak Rugi adalah hasil kerja sama antara PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (PT JIEP) melalui Srikandi JIEP dengan Puskesmas Kelurahan Jatinegara. Tujuan program ini adalah untuk memantau dan memonitor balita di sekitar Kawasan Industri Pulogadung yang terindikasi stunting atau balita yang sudah masuk kriteria gizi buruk, dengan cara mendampingi orang tua balita untuk memberikan makanan dengan gizi seimbang.

Ketua Dewan Pembina Srikandi JIEP, Vania Aramita Sari mengapresiasi kerja sama semua pihak, mulai dari camat, lurah, kepala puskesmas, hingga PKK, yang telah bekerja sama dengan PT JIEP dalam menjalankan Program Gak Rugi.

“Semoga apa yang telah kita laksanakan dapat memberikan kehidupan yang lebih baik pada anak-anak dan keluarganya, serta semoga kegiatan ini dapat memberikan kita semua pengetahuan bagaimana penanganan dan pencegahan stunting dapat dilakukan,” kata Vania dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/12/2023).

Vania menambahkan bahwa permasalahan stunting telah menjadi fokus utama pemerintah untuk segera ditangani. Ia berharap seluruh elemen pemerintah dan masyarakat dapat turut mendukung Program Gak Rugi.

Plh Direktur Utama PT JIEP, Dharma Satriadi mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen berperan aktif mendukung seluruh program penanganan dan pencegahan stunting di DKI Jakarta.

“PT JIEP melalui program TJSL akan terus mendukung program penanganan dan pencegahan stunting di DKI Jakarta,” ujarnya.

Camat Cakung Fajar Eko Satriyo juga mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PT JIEP dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayahnya, khususnya Kelurahan Jatinegara.

“Dengan program yang baik ini, angka stunting dapat berangsur-angsur berkurang bahkan mencapai zero stunting sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh Presiden Jokowi,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, PT JIEP juga memberikan apresiasi kepada para ibu yang telah memberikan perhatian khusus pada gizi dan tumbuh kembang anak-anak, serta kader Posyandu yang telah mendampingi para orang tua memberikan makanan bergizi seimbang secara rutin setiap harinya sampai dengan 66 hari.