Genangan Akibat Hujan Melanda 24 RT di Jakarta Sampai Pukul 21.00 WIB

by -84 Views

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat bahwa sebanyak 24 RT di DKI Jakarta terdampak genangan akibat hujan yang mengguyur, Kamis (4/1/2024). Selain 24 RT, lima ruas jalan juga dilaporkan tergenang.
“Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta. BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 23 RT dan 8 Ruas Jalan saat ini menjadi 24 RT,” kata Kepala Satuan Pelaksana Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang, Kamis (4/1/2024).
Michael menjelaskan bahwa puluhan RT yang terdampak genangan itu memiliki variasi ketinggian yang berbeda, dengan kisaran ketinggian 30-90 cm. “Di Jakarta Barat terdapat 3 RT, di Jakarta Selatan terdapat 20 RT, dan Jakarta Timur 1 RT,” tambahnya.
Sementara itu, ruas jalan yang tergenang tercatat di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara, dengan ketinggian genangan mencapai hingga 20 cm.
Michael memastikan bahwa personel sudah disiagakan untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah, terutama dalam melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. “Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” tuturnya.
Rincian genangan di DKI Jakarta tercatat pada Kamis (4/1/2024) pukul 21.00 WIB adalah sebagai berikut:
– Jakarta Barat terdapat 3 RT di Kel. Tegal Alur dengan ketinggian genangan 30 cm, disebabkan oleh curah hujan tinggi, dengan 17 jiwa pengungsi di RPTRA Anggrek 04.
– Jakarta Selatan terdapat 20 RT di Kel. Kuningan Barat dengan ketinggian genangan 60-120 cm, disebabkan oleh curah hujan tinggi dan luapan Kali Mampang dan Kali Krukut.