Pengendara Motor di Bandara Hasanuddin Harus Menggunakan Kartu Elektronik untuk Pembayaran Parkir pada April 2024

by -83 Views

Manajemen Pengelola Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan memperkenalkan pembayaran parkir menggunakan kartu uang elektronik atau pembayaran non tunai dengan sistem tap in tap out bagi pengendara sepeda motor. Kebijakan ini akan berlaku mulai 1 April mendatang, setelah sebelumnya diterapkan pembayaran masuk pelataran dan parkir menggunakan kartu unik untuk kendaraan roda empat ke atas.

Pengguna sepeda motor harus menggunakan kartu elektronik saat masuk ke pelataran dan parkir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. General Manajer Bandara Sultan Hasanuddin, Taochif Purnomo Hadi menjelaskan bahwa dengan sistem ini, pengendara tidak perlu lagi mengambil karcis, cukup menempelkan kartu uang elektronik saat masuk gerbang loket.

Sebagai uji coba, saat ini sistem Tap In Tap Out sudah dapat digunakan oleh pengguna jasa yang menggunakan sepeda motor. Kartu uang elektronik yang dapat digunakan antara lain e-money dari Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, TapCash dari BNI, dan Flazz dari BCA. Pengisian saldo juga dapat dilakukan di pelataran parkir bandara saat akan keluar bandara.

Tarif masuk pelataran dan parkir Bandara Internasional Sultan Hasanuddin untuk kendaraan roda dua adalah Rp 5.000 untuk 1 jam pertama. Tarif ini akan bertambah di atas 1 jam, 3 jam, 5 jam, dan 12 jam.