Sophan Nugraha Menjadi Runner Up di Kejuaraan Dunia AeroPress 2024

by -67 Views
Sophan Nugraha Menjadi Runner Up di Kejuaraan Dunia AeroPress 2024

Online24jam, Lisbon, Portugal – Sophan Nugraha, seorang pembuat kopi asal Batam, mencatat sejarah bagi Indonesia dengan meraih posisi runner up dalam kompetisi World AeroPress Championship 2024 di Lisbon, Portugal.

Sebelumnya, Sophan berhasil meraih gelar juara Indonesia AeroPress Championship (IAC) yang diselenggarakan oleh Otten Coffee dalam acara Kopi Fest Indonesia 2024. Sophan bersama 205 pembuat kopi lainnya bersaing untuk meraih gelar juara Indonesia AeroPress Championship. Dengan kemenangan tersebut, Sophan menjadi perwakilan Indonesia dalam mengikuti World AeroPress Championship di Lisbon, Portugal.

Dukungan Otten Coffee dalam Menuju Panggung World AeroPress Championship

Sebagai pemegang lisensi AeroPress di Indonesia, Otten Coffee mengadakan kompetisi IAC di KFI yang tersebar di Medan dan Jakarta. Kompetisi ini diikuti oleh para penggemar kopi, pembuat kopi di rumah, hingga barista profesional dari berbagai kota di Indonesia. IAC dibagi menjadi 2 regional, Medan dan Jakarta. Para pemenang dari setiap regional bersatu untuk meraih gelar juara IAC 2024. Akhirnya, Sophan Nugraha menjadi juara nasional dalam kompetisi menyeduh dengan menggunakan AeroPress di Indonesia.

Setelah meraih gelar, Otten Coffee sebagai penyelenggara Indonesia AeroPress Championship memberikan dukungan penuh mulai dari pelatihan, hingga memfasilitasi perjalanan Sophan Nugraha ke Lisbon, Portugal.

Kompetisi yang berlangsung pada tanggal 20-21 September 2024 di Lisbon, Portugal menemukan 60 juara nasional dari berbagai negara untuk meraih gelar juara World AeroPress Championship 2024. Sophan berhasil menyelesaikan 15 laga pada babak pertama dan masuk ke dalam 10 pembuat kopi yang melaju ke babak selanjutnya.

Di babak selanjutnya, 10 pembuat kopi termasuk Sophan bersaing untuk mencari pembuat kopi AeroPress terbaik di dunia. Sophan berhasil masuk ke babak final dan bertemu dengan pembuat kopi dari Rumania untuk membuat seduhan kopi. Akhirnya, Sophan meraih posisi runner-up World AeroPress Championship setelah kalah dengan skor 2:1. Prestasi ini merupakan pencapaian tertinggi dari seorang pembuat kopi asal Indonesia sejak kompetisi ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Sophan Nugraha berhasil membawa pulang piala World AeroPress Championship.

Tentang World AeroPress Championship

World AeroPress Championship adalah kompetisi kopi yang menggunakan alat kopi AeroPress dan mempertemukan perwakilan dari setiap negara yang telah memenangkan kompetisi regional dan nasional. Para peserta diberikan waktu lima menit untuk mempersiapkan, menyeduh, dan menyajikan kopi mereka, yang kemudian dinilai secara anonim oleh juri. Penentuan pemenang dilakukan secara bersamaan ketika juri memilih kopi terbaik pilihan mereka pada hitungan ketiga.

Lebih dari 5000 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam babak regional untuk meraih gelar juara nasional sebelum maju ke babak final dunia di Lisbon. Yang menarik, juara dunia tahun ini, George, bukanlah seorang profesional kopi, melainkan seorang pembuat kopi di rumah yang bekerja di bidang IT.

Sejak kejuaraan ini pertama kali digelar di Oslo, Norwegia, pada tahun 2008 dengan hanya tiga peserta, World AeroPress Championship telah berkembang pesat hingga kini mencakup lebih dari 175 acara regional dan nasional di lebih dari 60 negara.