DPRD Kota Bogor dan Perusahaan Swiss Gelar Pertemuan untuk Membahas Isu Ketenagakerjaan

by -81 Views

Perusahaan asal Swiss, JANZZ Technology melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Bogor pada hari Senin (20/11/2023) untuk membahas masalah ketenagakerjaan. Kedatangan perusahaan teknologi pasar tenaga kerja ini bertujuan untuk menjalin kerja sama guna menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di Kota Bogor.

Perwakilan JANZZ Technology diterima oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Iwan Iswanto beserta anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Eka Wardhana, dan Sendhy Pratama di ruang rapat Komisi IV. Sendhy menjelaskan bahwa berdasarkan data Disnaker Kota Bogor, terdapat 59.571 orang pengangguran terbuka di Kota Bogor dari total 556.541 angkatan kerja. Hal ini menjadi masalah karena investasi yang masuk ke Kota Bogor belum mampu menyerap tenaga kerja secara maksimal.

DPRD Kota Bogor bersama Disnaker Kota Bogor terus berupaya meningkatkan kualitas calon pekerja dengan menganggarkan program pelatihan kerja dalam APBD Kota Bogor setiap tahun. Namun, masalah penyaluran tenaga kerja selalu menjadi kendala. Oleh karena itu, Eka berharap adanya kerja sama dengan JANZZ Technology untuk menyalurkan tenaga kerja dari Kota Bogor.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Iwan Iswanto menyampaikan bahwa data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor tahun 2023 menunjukkan bahwa pengangguran didominasi oleh lulusan SMA atau SMK sebanyak 37.652 orang. Dia berharap teknologi yang disuguhkan oleh JANZZ dapat menjadi jembatan bagi warga Kota Bogor dalam menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan, dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengurai data.

Selain pertemuan dengan DPRD Kota Bogor, JANZZ Technology juga bertemu dengan Pemerintah Kota Bogor yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim beserta jajaran OPD Kota Bogor.