Kinerja BUMN Terbaik, Mereka Sumbang 7 Medali Emas

by -83 Views

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) beserta anak usahanya menerima 7 medali emas dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur kepada General Manager of Mining & Raw Material SIG, Suharyanto di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya, pada Selasa (20 Oktober 2023).

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan sistem 5R terbaik di Jawa Timur. Ada lima kategori yang diperlombakan yaitu area kantor, produksi, gudang, workshop (bengkel), dan lingkungan. Tim auditor dan juri terdiri dari praktisi produktivitas dari perusahaan dan lembaga lainnya.

SIG berhasil meraih tujuh penghargaan, di antaranya medali emas untuk kategori area Lingkungan diberikan kepada SIG Pabrik Tuban, medali emas dengan kategori area Kantor, Produksi, dan Workshop untuk PT Cipta Nirmala (Rumah Sakit Semen Gresik), medali perak dengan kategori area Kantor untuk PT Varia Usaha Beton, serta empat medali perunggu dengan kategori area Kantor untuk PT Semen Indonesia Distributor, kategori area Kantor untuk PT Industri Kemasan Semen Gresik, kategori area Produksi untuk PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Pabrik Tuban, serta kategori area Kantor untuk PT United Tractors Semen Gresik.

Vita Mahreyni, Corporate Secretary SIG, menyatakan bahwa SIG menerapkan manajemen 5R sebagai bagian dari implementasi Good Corporate Governance (GCG) dan peningkatan operational excellence. Hal ini berkontribusi pada efektivitas dan efisiensi kerja serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di seluruh area operasional perusahaan.

SIG telah melakukan optimasi dalam kegiatan operasi dan produksi, perubahan model bisnis dalam pengelolaan distribusi guna mengoptimalkan ekosistem logistik SIG, serta implementasi digitalisasi di berbagai lini bisnis secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional. Selain itu, hal ini juga berdampak pada penurunan biaya produksi yang dapat dikelola dengan baik.

Penerapan manajemen 5R ini dilakukan dengan penataan dan pemeliharaan wilayah kerja dalam upaya memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di operasional kerja serta meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa implementasi manajemen 5R di area operasional SIG berjalan dengan baik.

Vita Mahreyni juga menyatakan bahwa penerapan manajemen 5R dalam perusahaan menjadi pondasi dalam peningkatan mutu dan produktivitas perusahaan untuk menciptakan budaya kerja yang handal, membangun budaya produktif, serta mendorong daya saing perusahaan. Produktivitas perusahaan yang tinggi akan memberikan kontribusi langsung pada pembangunan dan penguatan ekonomi, terutama di Provinsi Jawa Timur.